Creative Writing Mid Test: Kumpulan Sajak Coretan Pena - Nawang's Journal

Kamis, 05 November 2020

Creative Writing Mid Test: Kumpulan Sajak Coretan Pena

Nama: Nawangsih

NIM: A1B218071

CREATIVE WRITING MID TEST

Alamat Blog Kompasiana.com : Klik disini (username: naawangsh)


PUISI

    Menurut Waluyo (2002:25) : "Puisi adalah suatu bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengkonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya".
    Dibawah ini adalah lima karya puisi ciptaan saya dengan topik yang berbeda-beda.

1. Topik Cinta

Narasiku Untukmu

Kepadamu sang pemilik hati,

Dengarkanlah bisikku yang lara

‘Kan kubagikan rahasia hati

Tentang aku yang derana

Menyebutmu sebagai pengisi relung hati

 

Kepadamu sang gelora hati,

Tak terhitung gejolak rindu kurasakan

T’lah kularang sendu menghampiri

Karena rasa ini

Bukanlah sebuah kekalahan

 

Kepadamu sang pencuri hati,

Aku hendak merakit kisah ini

Tapi naif merundung anganku

‘Ku percaya sang waktu  yang ‘kan menuliskan

Kisah yang tak pernah usai walau tanpa dimulai

 

Kepadamu sang risalah hati,

Jikalau bukan aku yang ‘kan menggenggam tanganmu

Berbahagialah atas pilihanmu

Rasa ini tak ‘kan pernah menerbitkan secercah penyesalan

Karena hadirmu bukanlah setetes kesia-siaan


2. Topik Alam

Rinduku Kepada Rintik Malam

Malam ini rintik hujan menyapa

Semilir angin pun ikut menemani

‘Ku pandangi jendela yang berembun

Terpatri jelas hangat sapanya

Membuatku ingin merengkuhnya

 

Adalah hujan yang rintiknya menenangkan

Kehadirannya selalu kutunggu

Kepergiannya tak kuinginkan

Di kegelapan malam ini

‘Kan kuizinkan dia jadi sang belenggu

 

Dingin darinya adalah hangatku

Rintik darinya adalah canduku

Menenangkan relung kalbu

Di keheningan malam ini

‘Kan kudengarkan senandung merdu

 

Adalah aku yang merindukan hujan

Rintiknya semerdu alunan

Membawa rasa pada kenangan

Di keindahan malam ini

‘Ku ingin hujan ‘kan tetap menemani

Karena rinduku tiada henti bersemi


3. Topik Orangtua

Kasihmu

Ibu,

Aku tumbuh dalam dekapanmu

Merasakan hangatnya belaianmu

Apalah arti hidupku tanpamu

Mungkin aku akan jadi sang kelabu

 

Ibu,

Hidupku beriring dengan langkahmu

Berjalan tapak setapak seakan menggebu

Tak peduli hingar bingar mengganggu

Karena doa mu kuyakin aku ‘kan mampu

 

Ibu,

Tiada tara cintamu

Dirimu laksana surgaku

Jika takdir merestui pintaku

Ku mau ‘kan terus menemukanmu

 

Engkaulah ibuku,

Walau sejuta terima kasih kuucapkan

Tak ‘kan sebanding dengan muliamu

Meski kubawa seribu bintang kehadapanmu

Tak ‘kan mampu mengalahkan binar kasihmu


4. Topik Motivasi

Dewasa

Kadang aku rindu masa kecil

Dimana tangisku segera reda

Hanya karena diberi sebuah permen

 

Kadang aku rindu masa kecil

Dimana aku bisa berlarian bebas

Tanpa takut jatuh untuk kesekian kali

 

Kadang aku rindu masa kecil

Dimana kekhawatiran terbesarku

Hanyalah bagaimana menjelaskan hilangnya pensil warnaku

 

Kini aku t’lah dewasa

Sadarku bahwa semua tak ‘kan lagi sama

Siap tidak siap aku harus menerima

 

Tumbuh dewasa bukan kesalahan

Jangan takut untuk jatuh

Jangan menyerah untuk bangkit

 

Hidup adalah tantangan

Menang atau kalah

Akulah yang menentukan

 

Renungi…

Yakini…

Aku pasti bisa melewati


5. Topik Pendidikan dan Guru

Sang Pelita

Guruku,

Tanpa mengenal lelah

Kau isi duniaku yang kosong

Kau tuntun aku selangkah demi selangkah

 

Wahai guruku,

Ku genggam sebongkah ilmu yang kau beri

Ilmu yang bermakna dan berseri

Untuk bekalku nanti

 

Engkaulah guruku,

Sungguh mulia dirimu

Sang pahlawan tanpa tanda jasa

Sang penerang jalanku yang kelam

 

Hadirmu adalah segalanya

Tanpa engkau

Bagaimana aku ‘kan memahami dunia?

Bagaimana aku ‘kan menggapai asa ku?

 

Oh guruku

Terima kasih atas jasamu

Doaku selalu menyertaimu

Sang pelita duniaku

Tidak ada komentar:

@way2themes