Review Buku Fiksi : "Bumi" Cerita Fiksi Dunia Paralel yang Menakjubkan - Nawang's Journal

Jumat, 16 Oktober 2020

Review Buku Fiksi : "Bumi" Cerita Fiksi Dunia Paralel yang Menakjubkan

 Name : Nawangsih

Student Number : A1B218071

Tugas 4 Creative Writing Practice


Hai, sobat literasi di seluruh duniaaa…

Dalam update-an kali ini saya akan membagikan review buku fiksi favorite saya sejauh ini. Cover bukunya cukup menarik. Apakah menurut kalian isi bukunya menarik juga? Yuk dibaca!

IDENTITAS BUKU

Judul : Bumi

Penulis : Tere Liye

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Genre : Fantasi, Teenlit, Fiksi Ilmiah

Terbit : Januari 2014

ISBN : 9786020332956

Jumlah Halaman : 440 Halaman

Bahasa : Indonesia

Rating : 4.5/5 ⭐

BLURB


THE REASON I READ


Bisa dibilang aktivitas saya selama masa pandemi COVID-19 ini hanya makan-rebahan-ngedrakor –scroll sosmed-rebahan lagi, lagi dan lagi. Akhirnya saya bosan sendiri dengan aktivitas saya yang tidak berfaedah. Bingung harus ngapain lagi. Hingga suatu hari saat sedang scroll Twitter saya melihat salah satu Tweet yang membuat saya memutuskan melakukan hal yang sedikit berbeda . Yap, membaca novel bertema fantasi karena saya biasanya membaca novel dengan kisah romance yang gemesin. Berawal dari Tweet di salah satu base tentang pendapat orang-orang setelah membaca novel ini, yang di reply oleh lebih dari 200 akun dengan respon yang membuat saya penasaran sebagus apasih ceritanya? Dan kebetulan juga saya menyukai genre fiksi seperti ini, apalagi novel ini ditulis oleh penulis ternama Indonesia, Tere Liye. Akhirnya keesokan harinya dengan membawa uang yang pas-pasan saya nekat mendatangi Gramedia untuk membeli buku ini agar dapat segera membacanya. Haha.

CHARACTER

            Raib, gadis remaja berusia 15 tahun yang sedang duduk dibangku kelas 1 SMP. Dia berambut panjang, hitam dan lurus. Dia suka membaca dan sangat menyayangi kedua kucingnya, si Putih dan si Hitam. Raib bukanlah anak yang sangat pintar ataupun populer disekolahnya, nilainya rata-rata dan bahkan dia hanya mengenal teman-teman sekelasnya. Tetapi dia punya rahasia yang bahkan orang tua nya sendiri tidak mengetahuinya. Rahasianya adalah bahwa ia memiliki kekuatan untuk menghilang, menakjubkan bukan? Dia menyadarinya saat berusia 2 tahun. Tidak ada yang tahu tentang itu, hingga suatu ketika Ali, teman satu kelasnya berhasil mengetahuinya. Seli, sahabat Raib akhirnya juga ikut mengetahui rahasia Raib atau Raib yang akhirnya malah mengetahui rahasia Seli?

            Seli adalah sahabat Raib. Dia gadis ceria dengan potongan rambut sebahu. Sama seperti Raib yang memiliki kekuatan menakjubkan, Seli juga memilikinya. Dia bisa mengeluarkan petir dari telapak tangannya.

            Ada pula Ali, teman sekelas Raib dan Seli yang selalu membuat guru jengkel. Walau terkenal suka mencari masalah, Ali sebenarnya adalah anak yang jenius bahkan jika orangtua nya mengizinkan, dia bisa saja lulus seleksi untuk mendapatkan gelar professor di usianya yang masih remaja. Kalau kata Raib, Ali mempunyai pikiran dua langkah lebih maju dari remaja seumuran mereka. Berkat Ali pula, mereka mengetahui fakta bahwa dunia ini tidak sesederhana yang terlihat.

MY IMPRESSION

            BUMI. Novel karya Tere Liye ini mengisahkan petualangan hebat Raib, Seli, dan juga Ali di dunia yang tak pernah mereka dengar atau ketahui sama sekali. Diusia mereka yang masih remaja, mereka harus dihadapkan dengan fakta bahwa ada kehidupan lain selain di dunia mereka, Bumi. Novel ini menceritakan bahwasanya ada empat dunia yang saling bergerak pada porosnya masing-masing. Keempat dunia itu disebut Klan Bulan, Klan Matahari, Klan Bintang, dan juga Klan Bumi yaitu tempat tinggal Raib, Seli dan Ali. Raib yang tanpa disangka berasal dari Klan Bulan dan merupakan keturunan terhormat, harus berhadapan dengan Tamus, sosok tinggi kurus yang menginginkan sesuatu yang hanya dimiliki oleh Raib. Raib pun harus berpetualang menyelamatkan Klan nya yang ingin dikuasai oleh Tamus bersama Seli yang ternyata berasal dari Klan Matahari. Oh tentu saja bersama Ali, si manusia jenius dari Klan Bumi.

            See? Dari penggalan ceritanya saja saya sudah dapat merasakan bahwa novel ini adalah masterpiece. Setelah membacanya pun semakin bertambah rasa kekagumaman saya akan imajinasi luar biasa sang penulis. Dengan cerita yang lumayan membuat otak saya berpikir keras agar berusaha menyamai imajinasi sang penulis, saya sangat yakin bahwa novel ini adalah cerita fiksi sebenarnya yang Anda cari. Novel ini adalah paket komplit. Ada aksi, fiksi ilmiah yang luar biasa, kekeluargaan, persahabatan, bahkan kemisteriusan yang dibalut dengan apik. Tidak heran bahwa novel ini telah dicetak sebanyak 25 kali dan selalu nangkring dibarisan buku Best Seller. Wow!

            Selama membaca novel ini saya merasa ikut berpetualang dengan mereka. Mulai dari khawatir dikarenakan tiba-tiba terjebak dan tidak tahu bagaimana cara kembali ke dunia sendiri hingga gregetan ingin ikut melawan pasukan Tamus yang jahat. Chapter terfavorit saya adalah ketika mereka mengetahui fakta bahwa Seli berasal dari Klan Matahari saat Tamus dan pasukannya telah bergerak ingin menghancurkan Kota Tishri sehingga akhirnya Seli ikut membantu Raib menyelamatkan Klan nya. Percayalah, saya merinding membacanya.

            Walau novel ini telah sesuai dengan ekspektasi saya, dibeberapa chapter awal saya merasa sedikit bosan karena memang masih perkenalan karakter dan latar belakang cerita. Namun ketika konflik telah muncul, saya jadi lupa waktu karena kelanjutannya sangat menarik!

WHAT I LEARN

            Dari novel ini, saya jadi termotivasi untuk terus berjuang, mencoba untuk memaknai arti persahabatan dan menyadari bahwa apa yang terlihat, boleh jadi tidak sesederhana yang kita lihat.

FAVORITE QUOTES


Terima kasih sudah membaca review ini. Semoga review ini bisa membantu meyakinkan kalian yang masih ragu untuk membaca novel ini 😉

See you !


Tidak ada komentar:

@way2themes